Thursday, March 3, 2016

Cara membuat module koneksi pada VB.NET menggunakan database mysql server

CARA MEMBUAT MODULE KONEKSI PADA VB.NET DENGAN DATABASE MYSQL SERVER



Selamat datang kembali di blog cara1komputer. Blog yang membahas tentang tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang Cara membuat module koneksi pada VB.NET menggunakan database mysql server.

Module koneksi disini dibutuhkan untuk menghubungkan antara database ke project vb.net anda. Sebenarnya kita bisa menggunakan sesuatu yang lain selain module koneksi akan tetapi kelebihan dari pembuatan module koneksi disini adalah kita bisa memanggil dari kotak koding mana saja hanya dengan "Call Koneksi" tanpa tanda petik. Nah untuk pembuatannya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini :


1. Install MYSQL-Connector-net di pc/komputer anda (Ini adalah driver untuk mengoneksikan antara database mysql server ke VB.net). Klik disini untuk download softwarenya.

2. Sebelum anda membuat module koneksi ini anda harus dan wajib membuat dulu databasenya di mysql server.

3. Setelah buat database, buka VB netnya. Jangan lupa disini anda aktifkan XAMPP yang gunanya untuk mengakses mysql server. Lihat contoh gambar XAMPP berikut.


4. Setelah VB.netnya terbuka, klik project (atas) => add module => add. Berikut adalah screenshot gambarnya :


5. Sebelum mengisikan koding module koneksi, pasang dulu mysql-connector-net yang tadinya sudah di install ke VB net dengan cara klik project (atas) => add reference => extension => scroll kebawah, pilih dan centang mysql-data => ok. Dengan cara ini anda sudah memasang mysql-connector-net ke vb net anda.

6. Setelah klik add module, maka akan muncul lembaran baru untuk mengisikan koding. Copy paste koding berikut di dalam kotak module tersebut.

  Imports System.Data.mysqlclient

     Module Module1
         Public conn As mysqlConnection
         Public da As mysqlDataAdapter
         Public ds As DataSet
         Public cmd As mysqlCommand
         Public dr As mysqlDataReader

         Public Sub koneksi()
             conn = New mysqlConnection("server=localhost; database=tutorial-vb; uid=root; password=")
             conn.Open()
         End Sub
         End Module


Catatan:
Tulisan yang saya tandai biru adalah nama databasenya.

7. Koding untuk module koneksi sudah selesai. Untuk mencobanya, anda buat form baru => klik 2x form tersebut => tambahkan koding 'call koneksi()' tanpa tanda petik dan 'import mysql.data.mysqlclient' tanpa tanda petik. Lebih jelasnya lihat gambar berikut.



8. Jalankan program. Jika di klik start dan tidak terjadi eror, maka koneksi database ke vb net sudah berhasil, sebaliknya jika terjadi eror pada waktu klik start maka ada kesalahan. Jika anda melakukan langkah di atas dengan benar, pasti akan sukses. Lihat gambar di bawah.


Untuk pertemuan selanjutnya saya akan bahas tentang cara membuat menu login, tampilkan data ke datagridview, simpan, edit, delete, batal, pencarian dengan database menggunakan mysql server.

Demikianlah tutorial yang dapat admin bagikan di blog Cara1Komputer (CK) kali ini. Semoga tutorial Cara membuat module koneksi pada VB.NET menggunakan database mysql server yang admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) kali ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih.

1 comment:

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka