Sunday, February 5, 2017

Fungsi Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contoh Gambar

FUNGSI RUMUS VLOOKUP & HLOOKUP PADA MICROSOFT EXCEL


Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer (CK). Blog yang membahas tentang tutorial komputer, tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube, tutorial adsense dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di Ms.excel Lengkap Dengan Contoh Gambar.

Setelah kemarin admin membahas tentang Rumus microsoft excel lengkap disertai dengan contoh gambar, sekarang admin akan bahas lebih mendalam lagi. Mungkin bagi seseorang yang sudah mahir dalam penggunaan rumus di microsoft excel, hal ini sudah biasa. Namun bagaimana jika kita belum pernah tahu tentang komputer? Jika kita belum pernah membuka dan menggunakan aplikasi pengolahan data microsoft excel? Jangan khawatir, disini admin CK akan bimbing anda belajar microsoft excel.

Fungsi rumus Vlookup dan Hlookup. Okey akan admin jelaskan terlebih dahulu. Fungsi rumus ini juga sering digunakan di dunia kerja lho. Rumus VLOOKUP digunakan jika kita sudah mempunyai data pasti(paten) dan akan menggunakan data pasti tersebut ke tabel baru yang akan kita buat. Semisal kita akan membuat tabel Daftar Barang dan lainnya.

Begitu juga dengan rumus HLOOKUP, lalu apa yang membedakannya? Yang membedakannya adalah bentuk/tata letak dari tabel Vlookup dan Hlookup tersebut. Agar tidak bingung, berikut admin kasi contoh gambar dari tabel VLOOKUP dan penggunaanya :

Penggunaan Rumus VLOOKUP dan VLOOKUP di Ms.excel Lengkap Dengan Contoh Gambar

Cara penggunaanya :
Baca dulu pengertian dan perbedaan dari CELL, COLUMN, RANGE. Letakkan kursor di sel C4 dan isikan rumus =VLOOKUP(B4,$E$4:$F$6,2)
Keterangan : sel C4 akan menampilkan data dari tabel vlooup di kolom nomor 2 yang kita blok. Untuk pengisian $E$4:$F$6 diatas, silahkan anda blok and drag dari sel E4 sampai sel F6 dan untuk memberi dollar di depan huruf dan angka yang diblok tadi, silahkan tekan F4 pada keyboard atau anda bisa menulisnya manual, kemudian tekan Enter pada keyboard. Maka tabel nama akan otomatis terisi menurut data yang ada di tabel vlookup.

Dan berikut adalah contoh gambar dari tabel HLOOKUP dan cara penggunaanya :

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di Ms.excel Lengkap Dengan Contoh Gambar

Cara Penggunaanya :
Letakkan kursor di sel C4 dan isikan rumus =HLOOKUP(B4,$F$3:$H$4,2)
Keterangan : sel C4 akan menampilkan data dari tabel vlooup di kolom nomor 2 yang kita blok. Untuk pengisian $F$3:$H$4 diatas, silahkan anda blok and drag dari sel F3 sampai sel H4 dan untuk memberi dollar di depan huruf dan angka yang diblok tadi, silahkan tekan F4 pada keyboard atau anda bisa menulisnya manual, kemudian tekan Enter pada keyboard. Maka tabel nama akan otomatis terisi menurut data yang ada di tabel hlookup. (Peringatan ! "MAKA" pada ms.excel di lambangkan dengan koma (,) ada juga yang titik koma (;). Jadi jika anda tidak bisa menggunakan koma di ms.excel anda, silahkan coba dengan titik koma)

Nah bagaimana, mudah bukan? Jika anda sudah memahami dan sudah bisa mempraktekkan penggunaan rumus VLOOKUP dan VLOOKUP diatas, mari kita lanjutkan dengan penggabungan antara IF dan VLOOKUP & HLOOKUP. Ettz untuk penjelasan penggabungan rumus IFnya anda kunjungi saja ini Penggabungan rumus IF dengan VLOOKUP & HLOOKUP.

Demikianlah tutorial yang dapat admin bagikan di blog Cara1Komputer (CK) kali ini. Semoga tutorial Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di Ms.excel Lengkap Dengan Contoh Gambar yang admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) kali ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka