Sunday, January 29, 2017

Cara Menghilangkan SSID Speedy_instan@wifi.id di modem telkom speedy W8151N

Cara Menghilangkan

SSID Speedy_instan@wifi.id


Selamat datang kembali di blog cara1komputer. Blog yang membahas tentang tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang cara menghilangkan SSID Speedy_instan@wifi.id di modem speedy telkom model TD-W8151N.

Cara menghilangkan SSID Speedy_instan@wifi.id di modem TD-W8151N, Cara menghilangkan MultiUser yang tertanam di modem telkom speedy & Cara menonaktifkan REMOTE CWMP Modem Speedy agar modem kita tidak diremote oleh pihak telkom (Cara ini hanya berlaku untuk modem TP-LINK, gak tau kalau modem lain). Okey langsung saja ke pembahasan.

Bila anda yang menggunakan modem dari telkom speedy, bisa dipastikan bahwa akan terjadi multiple SSID, dan dipastikan ada multi user login, dan setting modem bisa diremote oleh telkom (Masak sudah dibeli masih saja diremote, jangan mau dong :). Hal termudah untuk melihat adalah jika kita login ke modem kita (192.168.1.1) akan terlihat logo telkom.


Sebelum kita mulai tutorialnya, sebaiknya anda aktifkan dulu Telnet. Caranya sebagai berikut :

1. Buka Control Panel - di bagian Programs - klik Uninstall a program. Berikut adalah gambar screenshotnya :


2. Jika sudah diklik makan anda kan diarahkan ke tampilan form seperti berikut. Langsung saja klik Turn Windows features on or off. Berikut adalah gambar screenshotnya :


3. Pada tahap ini silahkan anda cari dan centang bagian Telnet Client dan Telnet Server kemudian klik Ok (Jika tidak ada Telnet Server, centang saja yang Telnet Clientnya). Berikut adalah gambar screenshotnya :


Nah pengaktifan telnet sudah selesai kita lakukan (jika pada form Windows Features tidak tersedia Telnet Server/Telnet Client lewati saja langkah diatas dan lakukan langkah dibawah). Sekarang saatnya menghilangkan SSID Speedy_instan@wifi.id bawaan modem Telkom Speedy. Caranya sebagai berikut :

Cara Menghilangkan

SSID Speedy_instan@wifi.id


1. Buka Command Prompt (cmd) dengan cara klik tombol windows di keyboard - ketik/cari cmd - maka akan tampil seperti gambar bawah - klik Command Prompt. Atau anda bisa ketik Windows + R di keyboard secara bersamaan - ketik cmd - enter. Berikut adalah gambar screenshotnya :


2. Jika sudah masuk ke tampilan cmd, silahkan anda ketik telnet 192.168.1.1 (jika IP modem anda adalah 192.168.1.1), Jika IP modem anda berbeda, silahkan ganti dengan IP modem anda. Berikut adalah gambar screenshotnya :


3. Masukkan Username dan Password modem anda (Defaultnya adalah username = admin dan passwordnya = admin)

4. Setelah anda mengetikkan perintah diatas, selanjutnya ketik "rt setbssidnum 1" tanpa tanda petik kemudian Enter. Berikut adalah gambar screenshotnya :


5. Selesai ! Setelah di enter, lalu modem akan booting/restart otomatis, tunggu beberapa saat. Sekarang  SSID Speedy_instan@wifi.id sudah hilang, hanya SSID yang aktif milik kita saja yang akan di pancarkan.



Sekarang kita akan ke tutorial Cara menonaktifkan Multi User yang tertanam dalam modem TP-LINK (tipe modem logo telkom td 8817, w8101g, w8151n dan 8951n ). Asal anda tahu saja, bahwa ada 3 multi user yang ditanamkan oleh telkom speedy diantaranya adalah sebagai berikut :

Username : admin
Password : admin

Username : user
Password : user

Username : support
Password : support

Untuk modem ZTE/Huawei firmware telkom :

username : support
pasword : support

atau

username : support
password : theworldinyourhand

Kalau tidak percaya coba saja anda login menggunakan user dan password yg saya sebutkan di atas selain admin. Nah lalu bagaimana cara menghilangkan multiuser tersebut agar tidak diutak - atik orang iseng maupun diremote oleh telkom dari jarak jauh? Berikut adalah


Cara menghilangkan MultiUser yang tertanam di modem telkom speedy : 


1. Lakukan langkah 1 - 3 di atas

2. Ketik sys multiuser off seperti ini =
TP-LINK>sys multiuser off
Akan ada balasan = Multi-user mode: 0
Lalu ketik sys multiuser2remote 0
TP-LINK> sys multiuser2remote 0
Akan ada balasan = Now multiuser2remoteaccess is 0.
Lalu ketik sys multiuser3remote 0
TP-LINK> sys multiuser3remote 0
Akan ada balasan = Now multiuser3remoteaccess is 0.

Keterangan ! Beberapa jenis modem cukup hanya 1 perintah "sys multiuser off". Untuk modem yang menyediakan perintah "sys multiuser2remote 0" dan "sys multiuser3remote 0", maka perintah tersebut harus diaktifkan. Dengan perintah tersebut harusnya sudah tidak ada username (selain admin) yang bisa remote akses via web/telnet ke modem.



3. Selesai ! Cara menghilangkan multiuser di modem speedy sudah selesai. Sekarang mari menuju The Next Tutorial :


Cara menonaktifkan ACS di bagian CWMP. Ikuti langkah-langkah berikut :


1. Buka browser dan ketik : IP_address_modem/access/access_cwmp.htm Contoh : bila IP address modem adalah = 192.168.1.1 maka anda ketikkan di browser seperti ini 192.168.1.1/access/access_cwmp.htm. Berikut adalah gambar screenshotnya :


Penjelasan ! Kenapa harus kita mengetik manual ? karena menu CWMP-nya dihidden / disembunyikan oleh telkom agar tidak diutak-atik oleh kita. Lalu apa gunanya cwmp aktif? agar kalau ada apa-apa dengan settingan modem kita, petugas telkom tidak perlu datang ke rumah kita, tapi cukup diremote dari jarak jauh oleh mereka. Maksudnya sih baik, tapi kalau setting milik kita dirubah-rubah seenaknya oleh mereka tanpa kita ketahui, gak enak di kitanya dong...

2. Klik Deactivated - lalu klik SAVE.


Cara manual menonaktifkan CWMP (jika cara di atas tidak bisa) :

1. Mauk ke command prompt (CMD) 
2. Setelah ketik telnet 192.168.1.1 dan memasukkan username & password admin,
3. Ketik ini = "sys cwmp switch 0" tanpa tanda petik. Keterangan: dimana 0 adalah deactivated dan 1 adalah activated.
4. Selesai ! Oke sekarang kita menuju ke tutorial berikutnya....


Cara Menonaktifkan PVC Yang Tidak Terpakai

Sekarang menuju ke cara paling terakhir yaitu Cara menonaktifkan PVC yang tidak terpakai. Biasanya PVC yg terpakai adalah PVC1. Hal itu bisa terlihat pada saat login di modem, langsung terlihat status modem saat itu. Di gambar terlihat bahwa PVC1 yang terpakai untuk koneksi internet (bisa terlihat bila modem saat itu terkoneksi internet). Sedangkan PVC lain tidak aktif dan TIDAK PERLU diaktifkan.


Setelah kita tahu PVC yg aktif, misalnya PVC1, lalu semua PVC dinonaktifkan. Caranya : Klik Interface Setup - lalu klik Internet - Pilih PVC0 - lalu klik Deactivated - lalu disave. Berikut adalah gambar screenshotnya :


Ulangi langkah di atas untuk semua PVC selain PVC1 yang aktif. Jika berhasil, hal tersebut bisa dilihat melalui menu status - device info. Berikut adalah gambar screenshotnya :


Dari gambar diatas terlihat sekarang hanya PVC1 saja yang aktif. Jadi sekarang anda sudah aman dari jangkauan tangan para telkom speedy :). Idealnya sih, kita update firmware modem tersebut, tapi jika firmware bawaan modem telkom adalah versi 3, masih belum ada yg bisa menggantinya. Kalau versi 1 mah gampang. Logo telkom masih ada karena belum diganti firmwarenya (untuk v3).

Yap demikianlah tutorial Cara Menghilangkan SSID Speedy_instan@wifi.id di modem telkom speedy model W8151N. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih.


No comments:

Post a Comment

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka