Sunday, January 29, 2017

Membuat Tombol Share Melayang di Blog Paling Keren

Selamat datang kembali di blog cara1komputer, blog yang membahas tentang tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang cara membuat widget share melayang di samping halaman blog pualing keren.

Wah judulnya bikin penasaran banget :). Membuat tombol/widget share melayang di blog sangatlah penting. Itu memudahkan untuk para pengujung blog anda berbagi apa yang dia baca dan pelajari. Ketika pengunjung blog merasa nyaman dengan blog anda dan blog anda memberikan dia manfaat hingg membuat si pengunjung jatuh cinta pasti 80% pengunjung blog akan share artikel anda lewat media sosial. Yang paling sering digunakan oleh para visitor adalah share Facebook, share Twitter dan share Google plus. Untuk contohnya bisa anda lihat langsung pada blog CK ini. Terdapat tombol share melayang di samping halaman blog. Seperti itulah nantinya rupa dan wujud widget melayang yang akan kita buat. Okey langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Untuk membuat widget tersebut kita harus masuk dan daftar dulu ke situs penyedia tombol sharenya yakni addthis.com. Ini adalah tampilan utama di addthis


2. Klik Get Started - Isi form pendaftaran (untuk pendaftarannya sangat mudah anda hanya perlu memasukkan email dan password saja. Oya bahkan tidak usah ada konfirmasi lho) - Let's Get Started


3. Setelah anda klik button Let's Get Started maka anda akan di arahkan ke menu Dashbor addthis. Inilah yang membuat addthis keren dan dicara banyak orang terutama para blogger. Disini kita bisa membuat menu Share Buttons, Follow Buttons, Related Post, List Building dan Link Promotion. Karena kita ingin membuat tombol Share maka anda klik Share Buttons.


4. Dari sini anda bisa membuat Share Button dengan berbagai type. Yang pertama Sidebar yaitu tombol share yang melayang di samping halaman blog, Inline yaitu tombol share yang ada di bawah postingan blog, Expanding, Image sharing, Popup, Bar dan Slider. Silahkan di klik satu persatu untuk previewnya ada di sampingnya. Karena kita ingin membuat Share melayang klik Sidebar - Continue.


5. Disini sudah disediakan menu untuk mengatur seperti yang anda inginkan. Silahkan anda atur sedemikian rupa agar terlihat cantik di blog anda.


6. Yang terpenting adalah di menu Advanced Options - Pada Share count minimum anda isi dengan angka 0. Ini agar, berapa saja jumlah share yang dilakukan akan ditampilkan walaupun jumlah share baru 2x.


7. Jika sudah selesai seperti yang anda inginkan - Klik Save & Continue. Maka anda akan diminta untuk menambahkan Script ke blog anda.


8. Silahkan di copy dan paste ke blog anda. Caranya anda masuk ke blogger anda kemudian cari menu Template di sebelah kiri - Edit HTML - Cari kode </body> (agar lebih mudah anda gunakan ctrl + f untuk mencarinya).


9. Paste kode di atas tepat diatas tag </body> - Save template dan lihat hasilnya. Sekarang blog anda sudah mulai cantik dan enak untuk dilihat dan pastinya lebih memudahkan para pengunjung blog anda untuk share artikel anda.

Demikianlah tutorial cara membuat widget share terkeren yang disajikan oleh blog Cara1Komputer (CK). Semoga dapat bermanfaat, terimakasih. Selamat mencoba.


4 comments:

  1. Wow,,,,terima kasih buanyaaak atas info ini,,,

    ReplyDelete
  2. Sama-sama mb' girindra wiratni puspa

    ReplyDelete
  3. Gan kalau biar mirip tampilan tombol share left kayak opera mini caranya gimana?

    ReplyDelete
  4. wah terima kasih bang sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka