Tuesday, February 7, 2017

Fungsi Rumus COUNTBLANK Pada Microsoft Excel

FUNGSI RUMUS COUNTBLANK  PADA MICROSOFT EXCEL


Fungsi Rumus COUNTBLANK Pada Microsoft Excel

Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer (CK). Blog yang membahas tentang tutorial komputer, tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube, tutorial adsense dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang Fungsi Rumus COUNTBLANK Pada Microsoft Excel.

Ini adalah tutorial lanjutan dari Rumus microsoft excel lengkap yang sebelumnya sudah admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) beberapa hari yang lalu. Sebagaimana yang admin janjikan bahwa akan nulis artikel belajar microsoft excel hingga mahir di blog Cara1Komputer ini. Tutorial ms.excel disini akan admin sajikan dengan contoh gambar agar lebih mudah dipahami oleh anda dan tutorial ini sengaja admin sajikan membahas satu persatu rumus dari microsoft excel dengan contoh gambar dan penjelasan agar anda lebih detail untuk memahaminya. Sebelumnya baca dulu pengertian dan perbedaan dari Cell, Row, Range disini. Okey langsung saja ke bembahasan :

Fungsi rumus dalam microsoft excel sangatlah memudahkan bagi anda di dunia kerja. Karena dengan kita mencantumkan rumus dalam sebuah cell, dan ketika data suatu saat berubah, maka cell yang sudah kita cantumkan rumus tadi akan otomatis berubah dengan perhitungan yang tepat. Banyak rumus yang disajikan dalam microsoft excel dan kali ini admin akan membahas tentang rumus COUNTBLANK yang mana fungsinya adalah untuk mengetahui dan menghitung jumlah cell yang kosong.

Coba anda bayangkan ketika anda mempunyai data beribu-ribu di lembar kaerja ms.excel anda, semisal anda mempunyai jumlah data stok barang sebanyak 9000 barang di ms.excel anda. Nah ketika data/cell stok barang anda tersebeut ada yang kosong, apakah anda ingin mencarinya dan scrol ke atas dan kebawah untuk mencari data yang kosong tersebut? Nah dengan rumus ini, anda bisa menampilkan dan menghitung data yang kosong dalam lembar kerja anda. Okey langsung saja kita praktekkan :

Desain dulu tabel seperti gambar berikut :


Dalam tabel diatas, Kolom kosong terisi dengan angka 3 karena data yang anda di cell C4 sampai C18 jumlah cell yang kosong ada 3 cell. Cara pengisian rumusnya adalah sebagai berikut :
  1. Letakkan kursor di cell C20.
  2. Kemudian isikan rumus berikut =COUNTBLANK(C4:C18).
  3. Jadi cell C20 akan menghitung berapa banyak cell yang kosong dari cell C4 sampai C18. Oya untuk tambahan trik, jika anda ingin blog banyak cell di microsoft excel, gunakan Shift yang ada di keyboar. Semisal anda ingin blog Cell C4 sampai C300. Maka, letakkan kursor anda di cell C4 kemudian scrol kebawah dan tekan Shift (tahan) pada keyboard dan klik cell C300. Maka Cela C4 sampai C300 akan terblok dengan mudah.

Itulah fungsi rumus Countblank pada microsoft excel. Demikianlah tutorial yang dapat admin bagikan di blog Cara1Komputer (CK) kali ini. Semoga tutorial Fungsi Rumus COUNTBLANK Pada Microsoft Excel yang admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) kali ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka