Monday, August 7, 2023

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja

Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yang membahas tentang tutorial IT, tutorial Microsoft Office (Excel, Word, Power Point & Access), tutorial VB.NET, tutorial Blog, tutorial Wordpress, tutorial Youtube dan tutorial-tutorial lainnya serta membagikan informasi Lowongan Kerja terbaru dari berbagai wilayah. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir, Sampai Bisa Dipakai Untuk Kerja Kantoran.

Dalam belajar sesuatu, pasti kita harus memulainya dengan prosedur ataupun alur yang baik dan benar. karena jika kita memulainya dengan cara acak-acakan maka nanti kita akan lebih sulit belajarnya. Dalam belajar microsoft excel, ada hal dasar banget yang harus anda ketahui. jadi dalam artikel kali ini akan admin mulai dari yang paling dasar ya karena dasar itu penting, ibarat rumah... itu adalah pondasinya. jika pondasi dari rumah tersebut lemah atau kurang kokoh maka rumah itu akan bisa roboh. 

Jadi dasar di microsoft excel itu ada yang namanya Aturan Aritmatika dasar yang mana hal ini sudah dipergunakan di Kalkulator HP ataupun Laptop anda. karena tanpa adanya aturan aritmatika ini maka kalkulator di hp anda tidak akan menghasilkan nilai/value yang spesifik. Hal ini sangat penting banget untuk diketahui dan dimengerti, apalagi oleh orang-orang yang ingin belajar excel baik itu untuk kebutuhan sekolah ataupun kebutuhan bekerja. baiklah, berikut adalah aturan aritmatika dasar yang harus anda ketahui sebelum terjun lebih dalam untuk mempelajari microsoft excel:

  1. Kerjakan terlebih dahulu operasi dalam tanda kurung
  2. Kerjakan terlebih dahulu operasi yang berpangkat
  3. Kerjakan terlebih dahulu perkalian dan pembagian (dari kiri ke kanan)
  4. Kerjakan terlebih dahulu penjumlahan dan pengurangan (dari kiri ke kanan)

agar lebih jelas & lebih cepat faham, langsung saja admin kasi contohnya seperti dibawah ini:

1. Contoh pertama: semisal ada soal seperti ini: 10+5x2 = maka hasilnya adalah 20. alasanya karena perkalian dilakukan terlebih dahulu daripada penjumlahan. jadi ini masuk dalam aturan nomor ke 3. jadi dalam proses ini, ibaratnya gini:

  • Hay excel, dari soal ini 10+5x2 = cari yang dalam kurung, jika ada maka lakukan dulu. jika gak ada maka cari yang berpangkat, jika ada maka lakukan dulu. jika gak ada lagi maka cari yg perkalian atau pembagian, jika ada maka lakukan dulu. jika gak ada lagi maka cari yang penjumlahan atau pengurangan, jika ada maka lakukan dulu. 
  • nah dari contoh soal diatas kan posisinya tidak ada nilai dalam kurung & nilai yang berpangkat tuh... adanya adalah perkalian. maka sama pihak excel akan dilakukan operasi yang perkalian dulu, baru kemudian yang penjumlahan. nah untuk membuktikannya, silahkan hitung soal itu pakai HP anda pasti nanti hasilnya sama.

2. Contoh kedua: semisal ada soal seperti ini (4+6)x3 = maka hasilnya adalah 30. alasanya karena yang dalam kurung dulu yang dilakukan baru dikalikan dengan 3.

3. Contoh ketiga: semisal ada soal seperti ini 10+7-2x3+4 = maka hasilnya adalah 15. alasanya karena yang perkalian dilakukan terlebih dahulu. untuk membuktikannya, silahkan hitung di Kalkulator HP anda.

4. Contoh ke empat: semisal ada soal seperti ini: 2+4x3-(2+1)+5 = maka hasilnya adalah 16. alasannya karena dalam kurung dilakukan dulu, kemudian perkalian, kemudian penjumlahan dari kiri ke kanan. untuk ngecek, maka coba hitung menggunakan kalkulator HP anda. 

5. Contoh ke lima: semisal ada soal seperti ini: 4-2+4-2+5-1 = maka hasilnya adalah 8. nah untuk yang ini jangan sampai terkecoh ya kawan, karena disini masuk dalam aturan ke 4 maka hitungnya dari kiri ke kanan (maka dari itu diatas ada aturan dalam kurung tulisannya adalah dari kiri ke kanan). maka hitungnya bukan ditambah dulu, tapi dari kiri ke kanan.  

6. Contoh ke enam: semisal ada soal seperti ini 5-2+10+2x4+6+2+5 = maka hasilnya adalah 34. untuk membuktikannya silahkan coba hitung pakai kalkulator HP Anda. 

7. Nah sekarang admin kasi soal silahkan dihitung hasilnya berapa. berikut adalah soalnya:

    A. 8-3+2x3 =

    B. 8-(2x2)+4 =

    C. 8+2-4+5+10-3+2x5+3-4-2 =


Sekian artikel Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir, Sampai Bisa Dipakai Untuk Kerja Kantoran kali ini, untuk artikel Part 2 silahkan KLIK DISINI (Jika bisa diklik maka artikel part 2 sudah admin buat, jika belum bisa diklik berarti sedang proses). Jangan lupa subscribe/berlangganan agar tidak ketinggalan artikel terupdate dari Cara1Komputer. Semangat terus belajarnya dan yakin pasti Anda bisa😊



 

 

No comments:

Post a Comment

Cek artikel terbaru kami barangkali Anda suka:

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir | By: Cara1Komputer Surya

Belajar Rumus Dasar Ms Excel Lengkap Dari Dasar Sampai Mahir Bisa Dipakai Untuk Kerja Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer. Blog yan...

Cek juga postingan kami dibawah ini barangkali Anda suka